Friday, September 22, 2006

Rasulullah dan Si Kaya

Disadur Dari Buku : "Cerita Bijak Orang-Orang Saleh" Oleh : Syahid Murtadha Muthahhari

Ketika Rasulullah sedang duduk-duduk bersama sahabatnya, datanglah kepada beliau seorang miskin yang tak berpakaian. Disamping Rasulullah duduklah seorang kaya. Begitu melihat kedatangan si miskin, serta merta orang kaya itu melipatkan ujung pakaiannya yang menjulur. Ia tak merasa bahwa Rasulullah memperhatikan gerak-geriknya.

Demi melihat gerak-gerik yang kurang sedap dalam pandangan Rasulullah, maka beliau pun bertanya kepada si kaya : "Engkau melipat pakaianmu. Apakah karena takut tersentuh oleh si fakir yang baru dating itu?" "Tidak, "jawabnya. "Apakah kau khawatir kalau-kalau hartamu akan terambil sebagian untuknya?" Tanya Rasulullah."Tidak" "Lantas apa yang menyebabkan kamu berbuat seperti itu?" "Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya mempunyai teman syaitan. Ia selalu menghias barang yang jelek, sehingga tampak baik di hadapanku, sedangkan hal-hal yang baik dijelek-jelekkan di depan mataku. Saya mengaku kesalahan saya, dan saya bersedia menebus kesalahan yang saya lakukan di hadapan orang miskin itu, dengan memberikanseparuh kekayaan saya kepadanya." Kemudian Rasulullah pun bertanya kepada si miskin:"Apakah engkau bersedia menerimanya?" "Tidak," jawabnya

Si kaya heran mendengar jawabannya, lalu ia bertanya:"Mengapa?". Saya tidak ingin ditemani syaitan seperti dia telah menemanimu.

Wassalam

No comments: