Tuesday, September 12, 2006

Perubahan dalam Hidup

Hidup ternyata begitu berbeda dengan apa yang kita bayangkan saat kita masih kecil dulu, kehidupan terjadi pasang dan surut serta begitu banyak perubahan -perubahan yang terjadi, baik itu pada diri kita sendiri, keluarga kita atau dilingkungan pekerjaan yang sedang kita geluti.

“Kehidupan adalah jalan yang panjang dan berliku-liku yang memiliki rintangan dan tantangan, suka tidak suka harus kita jalani”.

Dalam kehidupan ini kita selalu memiliki keinginan-keinginan dan harapan untuk selalu hidup yang serba bercukupan, keluarga yang sehat dan bahagia serta pekerjaan yang memberikan penghasilan buat kita yang telah lama kita nikmati, tetapi bagaimana bila terjadi perubahan – perubahan dalam kehidupan kita, apakah kita siap untuk menghadapinya ?.

Perubahan akan selalu terjadi, baik kita mengharapkannya atau tidak. Perubahan hanya bisa mengagetkan kita dan terus terjadi seiring dengan perputaran waktu.

Kadangkala jika perubahan terjadi pada diri kita misalnya ditempat kerja yang sedang kita geluti, dimana kita di pindahkan kebagian yang kurang dikuasai atau tidak disenangi maka akan membuat kita frustasi tidak bersemangat dan terdemotivasi ini dikarenakan kita sudah sangat “mencintai” pekerjaan kita, sehingga kita selalu berusaha sekuat tenaga untuk selalu mempertahankannya yang telah lama kita miliki dan takut akan kehilangan, karena menurut kita hal tersebut memberikan arti penting buat kita, dan apakah hal ini merupakan sifat fitri manusia. ?

Ketakutan-ketakutan yang kita alami akibat dari adanya perubahan-perubahan tersebut, itu dikarenakan dari sikap diri kita sendiri yang sudah terlena dengan kesenangan yang telah dimiliki, rasa akunya yang tinggi yang membuat diri kita menjadi sombong, tidak mau mendengar dan melihat perubahan yang terjadi dilingkungan sekitar kita.

Untuk itu diperlukan suatu sikap dan kemauan yang kuat untuk mengambil suatu keputusan dan tindakan yang tepat, agar perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan kita dapat disikapi dengan bijak, dengan jalan:

  • Selalu siap kapan saja jika perubahan terjadi, karena kita telah menganti-sipasinya sudah jauh-jauh hari sebelumnya.
  • Dengan mengamati perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar kita, sehingga kita tahu kapan mengambil suatu keputusan dan tindakan yang benar disaat yang tepat
  • Dapat menyesuaikan diri dengan cepat di saat terjadinya suatu perubahan.
  • Memiliki kemauan yang sangat kuat untuk berubah seiring dengan terjadinya perubahan sebab jikalau kita tidak mau berubah, maka kita akan menjadi barang antik yang hanya akan dipajang di museum dan akan punah serta menjadi barang yang langka.
  • Agar tidak terbebani dengan perubahan yang ada maka nikmatilah perubahan itu sebagai sesuatu yang memiliki hikmah untuk mendapatkan hal-hal baru yang lebih baik dan bermanfaat bagi kita.

“Sesungguhnya yang menjadi masalah bagi kita bukan karena terjadinya perubahan tetapi bagaimana cara kita menyikapi perubahan tersebut agar tidak menjadi masalah” (AAGym)

Wassalam

No comments: